Khasiat Beragam Tanaman Yang Ada Di Pekaranganku

Khasiat Beragam Tanaman Yang Ada Di Pekaranganku

Perkenalkan namaku candra, kali ini aku berkesempatan untuk menerangkan perihal khasiat beragam tanaman yang ada dipekaranganku. Ya, mungkin topik ini terdengar lumrah. Tetapi anda akan terkejut jika menyimaknya dengan seksama.

Khasiat Beragam Tanaman Yang Ada Di Pekaranganku

Luas rumah yang aku tinggali sekitar 188 meter persegi, bisa dikatakan cukup ideal bagi sebuah hunian. Setelah teras rumah, disana sengaja diberi ruang pekarangan hanya 40 meter persegi saja. Nah, keluarga kami gemar menanam tanaman tertentu yang jarang ditemukan kebanyakan orang.

Tentu menjadi penasaran bukan? Beberapa diantaranya adalah:

  1. Pohon jambu. Jambu memiliki variasi kategori meliputi jambu air, jambu klutuk dan sebagainya. Salah satu yang aku petik di rumah yaitu jambu biji. Bernama latin psidium guava termasuk jenis tanaman tropis yang mulanya dari benua amerika tepatnya brasil. Lalu mengapa jambu bisa datang ke negara kita? Hal ini tidak terlepas peran pedagang asal thailand yang berlayar. Jambu batu ada dua pilihan: daging warna merah dan putih dengan cangkang sama hijau. Meski terasa asam manis, jambu berisi vitamin C tinggi. Senyawa tambahan: magnesium, vitamin A, lycopene, kalium, asam folat, niasin, vitamin E, B6 (pyridoxine), K, asam pantotenat, lutein, flavanoid.

a. Khasiat jambu biji bagi kesehatan:

Menangani diabetes, diare, tensi darah yang melonjak, sembelit, pembengkakan tiroid, batuk, demam, memelihara daya penglihatan. Selain itu dapat memenuhi diet serta gangguan kulit contoh penuaan dini, komedo dan lain-lain. Anda boleh makan seketika, membuat jus dalam menyantapnya.

b. Sementara fungsi daunnya: bantu mengobati wasir / ambeien, sariawan, maag, kembung pada anak, demam berdarah, keputihan, takaran kolesterol jahat, juga jerawat, luka yang timbul. Caranya tiada lain direbus sesuai kebutuhan (khusus keluhan kulit, lumatkan daun lalu taburkan ke bagian yang diperlukan).

2. Sambiloto yakni tumbuhan herbal berbentuk terna tegak yang sebelumnya berada di kawasan Asia tropik. Dibanding jambu, tetumbuhan yang bernama ilmiah andrographis paniculata ini justru semakin luas manfaatnya. Berkhasiat: mengatasi penyakit tifus, malaria, leptospirosis, bronkitis, pneumonia, disentri basiler, sakit gigi, radang usus buntu, infeksi saluran empedu, sakit perut, gejala hepatitis, tifoid, kencing manis, radang telinga tengah, diare, merawat stamina, penawar racun, gatal-gatal, flek hitam. Jika diminum, air rebusan sisakan seperempatnya. Namun bila pengobatan luar, daun ditumbuk halus dan ditaruh di kain lembut sebagai tampungan. Oles merata di area kulit yang anda kehendaki.

3. Kumis kucing (orthosiphon aristatus) famili labiatae merupakan ulasan terakhir topik ini. Fungsinya: mengobati masuk angin, keputihan, sakit pinggang, albuminuria, reumatik, sembelit, batuk, kencing batu dan sipilis (gonorrhea). Dapat tumbuh subur di tanah gembur.

Tradisikan membaca yang lain: Jak japan matsuri pameran tahunan ala negeri sakura

www.caraatasidiabetesmelitus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>