Khasiat Meminum Air Jahe Ketika Sahur

Khasiat Meminum Air Jahe Ketika Sahur

Khasiat Meminum Air Jahe Ketika Sahur memang luar biasa. Siapa yang tidak mengenal rempah satu ini. Nama ilmiahnya ialah Zingiber officinale. Jahe termasuk tanaman rimpang yang amat tenar sebagai racikan obat dan pendukung cita rasa masakan. Rhizoma alias rimpang maksudnya modifikasi batang tumbuhan menjalar di bawah permukaan tanah menghasilkan tunas serta akar baru berdasar ruas-ruasnya.

Khasiat Meminum Air Jahe Ketika Sahur

Rhizoma dari jahe menyerupai jari jemari menggembung pada ruas tengah. Alasan mengapa jahe mempunyai dominan rasa pedas yakni karena pengaruh zat keton yang disebut zingeron. Menurut studi peneliti, jahe diduga berasal dari negeri bollywood India. Tetapi ada juga orang meyakini jahe didapat dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Jahe dibawa menjadi komoditas perdagangan di masa itu.

Jahe hanya mampu bertahan hidup pada lokasi tropis, penanaman dikerjakan bagian lintang katulistiwa diantaranya Afrika, Brasil, dan Asia Tenggara. Ciri morfologis / struktur, batang jahe adalah batang semu tinggi tiga puluh hingga seratus sentimeter. Daging akar warnanya kuning memerah disertai aroma menyengat. Tangkai daun berbulu lembut, sementara daun menyirip dengan panjang lima belas sampai dua puluh tiga milimeter. Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berwujud bulat telur. Gagang bunganya bersisik sebanyak lima bahkan tujuh buah.

Jahe yang dipasarkan dapat dikategorikan beberapa macam:

  • Jahe Bubuk
  • Jahe segar (masih utuh)
  • Oleoresin
  • Jahe kering
  • Minyak jahe
  • Awetan jahe

Sudah banyak masyarakat tahu obat tradisional untuk mengurangi resiko penyakit ringan maupun fatal menggunakan jahe. Terlebih sewaktu jam sahur tiba, jangan lupa minum air jahe hangat sebab terdapat fungsi baik sehabis anda menyeruputnya:

Mengurangi rasa rematik

Ekstrak jahe dapat menghilangkan rasa sakit akibat rematik, terutama di bagian lutut.

Menurunkan kolesterol

 

Umumnya, seseorang sangat sulit membatasi makan yang mengandung tinggi kolesterol. Jika Anda menyeruput segelas jahe hangat saat Ramadan dipastikan akan mudah mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

 

Mengontrol diabetes

 

Berdasarkan studi, jahe memiliki sifat anti-diabetes. Jika Anda meminum segelas jahe hangat di saat sahur, diyakini akan membantu mengontrol kadar glukosa darah pada penderita diabetes dan orang non-diabetes.

 

Mencegah stres

 

Karena kandungan fenol dan senyawa flavonoid, jahe memiliki sifat neuroprotector. Ini dapat membuat otak Anda tetap sehat dan entunya melawan stres dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan di usia tua, minum segelas jahe hangat dapat mencegah alzheimer.

 

Melawan kanker

 

Segenggam jahe juga memiliki sifat fenolat bioaktif dan senyawa tajam non-volatile seperti gingerol, paradols, shogaols dan gingerones. Menurut sebuah penelitian, ekstrak jahe juga menunjukkan sifat anti-kanker. Bagi pria yang rutin menyeruput minuman berbahan dasar jahe dapat melawan kanker prostat.

Itulah rangkuman mengenai Khasiat Meminum Air Jahe Ketika Sahur yang layak dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>